Sejarah orang-orang Madura. Cerita suku Madura. Legenda di Madura. Kebudayaan Madura. Jalan-jalan ke Madura. Raja-raja Madura.

Duo Sejati dari Madura: Pangeran Trunojoyo Vs Raden Bugan

Memiliki takdir hidup hampir mirip. Kehilangan keluarga akibat konflik dan kekuasaan. Keduanya tumbuh menjadi pejuang tangguh. Mencintai rakyat sekaligus juga dicintai oleh rakyatnya. Rela bertaruh nyawa. Demi bangsa dan negaranya.

Joko Tole, Sang Pemimpin Besar Madura Kuno

Sejarah Madura kuno menyimpan banyak fakta sejarah. Fakta-fakta tersebut makin pudar ditelan zaman. Generasi muda Madura semakin tidak tahu keteladanan para leluhurnya terdahulu. Di antaranya adalah Joko Tole. Siapakah dia?

Pesona Ziarah Ke Madura

Pulau Madura memiliki fakta unik dan sangat menarik, yaitu pesona spiritual luar biasa yang tampak dari kebudayaan yang jauh lebih lekat dengan fenomena keagamaannya, seperti situs-situs ziarah yang banyak dikunjungi dari berbagai daerah.

Mencoba Sensasi Advan W90

Sudah lama saya bermimpi bisa menulis di mana pun saya berada. Tanpa perlu ribet membawa beban berat semacam laptop berikut kabel pengisi baterei. Advan Vanbook W90, ternyata cukup lumayan. Sayang, reviewnya sulit juga saya telusur di internet.

Wow, Batik Madura Tembus Dunia!

bagi orang Madura, batik bukan hanya soal busana. Tetapi juga soal gaya hidup. Berada di mana pun, kaum perempuan Madura tak pernah lepas dari yang namanya batik!

4.02.2016

Siapkan Sembilan Perkara ini Agar Selamat Di Jalan


Bertahun-tahun terbiasa melakukan perjalanan jauh, saya mengamati setidaknya terdapat sembilan fenomena yang patut diperhatikan sebelum memulai perjalanan. Lebih-lebih, sudah beberapa kali badan saya menikmati kejamnya aspalan.

Saya mulai melakukan perjalanan jauh sejak memasuki sekolah menengah pertama (SMP). Dan sekarang pun masih sering melakukan perjalanan jauh. Bicara pengalaman di jalanan,  pengalaman paling menyenangkan  ketika jalan yang kita lalui penuh panorama dan terlalu padat kendaraan.

Urusan keindahan ketika melakukan perjalanan panjang, saya paling suka ketika pulang kampung halaman, yaitu Pulau Madura. Selain jalanan yang longar karena minim kendaraan, sepanjang perjalanan kita disuguhi fenomena keindahan laut dan bukit-bukit yang silih berganti. Rasa lelah dan kantuk pun sirna dengan sendirinya. Sedangkan yang tak menyenangkan ketika kendaraan padat, ditambah dengan para pengendara yang tak disiplin lalu lintas. Menyeberang sesuka hati dan tiba-tiba, juga klakson bersuara menggelegar di telinga.

Ada banyak fenomena saya jumpai selama hampir 15 tahun berkelana di jalan. Saya rangkum setidaknya sebanyak sembilan fenomena yang perlu diperhatikan.

Pertama, berhati-hatilah ketika akan menyeberang. Ada banyak fenomena menyeberangi jalan. Misalnya menyeberang karena jalan berkelok, putar balik dan menyeberang sebab mengendara yang berlawanan arah. Pengalaman yang mengerikan adalah kakak saya. Dia masih mau menyeberang, namun roda yang menyentuh aspal, sedangkan posisi jalan sedang sibuk, membuat roda tersebut dihantam pengendara lain. Walhasil, dia dan sepeda motornya terlempar. Efeknya dia jatuh dan patah kaki.

Kasus lain, ketika saya sedang pulang kerja, seorang bapak berkendara sambil menggendong anaknya. Dia bermaksud menyeberang ke jalur kanan untuk putar balik. Karena tidak mengatur jarak dan waktu dia pun kesenggol pengendara lain. Tak ayal ia hilang keseimbangan. Motornya roboh meski hanya tersenggol tak terlalu keras.

Kedua, ketika sedang berkendara di jalan yang banyak dilewati rute bis, siapkan telinga kedap suara klakson.  Selain rata-rata suara klakson bisa terdengar tiba-tiba, juga karena suaranya sering sangat nyaring sehingga bisa membuat kaget tak terkira. Saya sering ketika pulang kampung naik bis, pengendara motor terpelanting sebab rasa kaget dadakan.

Ketiga, jangan terpancing lampu kuning. Seringkali karena alasan waktu, kita memaksakan diri untuk menerobos lampu kuning. Sebaiknya ketika lampu lalu lintas ada tanda-tanda sebentar lagi berganti lampu kuning, kurangi kecepatan. Khusus satu ini, saya sendiri yang mengalami akibat buruknya. Saat itu, saya sedang tergesa berangkat kerja. Merasa lampu kuning bakal menyala, saya percepat gas. Tidak tahunya, di sebrang juga ada yang ikutan menerobos. Kami pun tabrakan face to face. Kuatnya tabrakan membuat kami berdua terlempar sangat jauh. Sudah bisa diduga cidera yang dialami juga sangat parah.

Keempat, jaga jarak dengan roda empat secukupnya, minimal satu meter. Baik depan maupun sewaktu di belakang. Saya sering mengalami sendiri, termasuk pengendara lain, tiba-tiba kendaraan roda empat mundur ke belakang.  Saya sendiri malah dibentur dari belakang oleh sebuah taksi, saya pun terkapar di jalan.

Kelima, sebaiknya tidak mendahului mobil jika belum mengetahui kondisi di depan. Banyak kejadian pengendara menyalip yang tertabrak karena di depan juga ada kendaraan yang sedang melaju. Lebih-lebih jika sedang jam berangkat atau sepulang kerja. Para pengendara seakan diburu setan dalam urusan kecepatan dan kewaspadaan.

Keenam, jangan ragu berhenti untuk istirahat jika sudah mengantuk dan kelelahan, apalagi jika kita sedang berkendara bersama anak atau istri. Perjalanan jauh seringkali berakibat lelah dan kantuk. Namun karena sebab terburu-buru kita menyepelekannya. Sudah terlalu banyak kasus kecelakaan terjadi akibat lelah dan kantuk. Tidak perlu memaksakan diri. Lebih baik jeda untuk istirahat.

Ketujuh, apabila kondisi jiwa sedang tak stabil baiknya diam saja di rumah. Ada banyak faktor jiwa yang labil. Misalnya sedang kepikiran pekerjaan yang menumpuk. Bisa juga bagi kalangan muda, karena sedang berselisih dengan pacarnya sehingga di jalan tetap tergenang. Bisa saja karena asyik melamun dan memikirkan masalah, bikin kita lupa keadaan jalan. Lebih-lebih, tak setiap pengendara lain cukup berhati-hati dalam berkendara.

Kedelapan, cek kesehatan mesin dan siapkan perbekalan secukupnya. Perjalanan yang jauh membuang banyak energi, baik energi mesin dan energi fisik kita. Kondisi mesin yang buruk tentunya akan sangat menggangu ketika mesin tersebut rusak sebelum sampai tujuan, sedangkan tujuan masih jauh. Perbekalan juga sama pentingnya, baik isi dompet dan makanan. Jangan sampai kelaparan di jalan, dan isi bensin habis. Alamat tak pernah sampai di tujuan.

Dan kesembilan adalah persiapan pelengkap, yaitu awali dengan berdoa sebelum memulai perjalanan. Seberapa berhati-hati kita di jalan, terkadang masih saja apes terlibat kecelakaan. Lebih baik sempurnakan perjalanan kita dengan berdoa terlebih dahulu. Semoga dengan begitu, di saat-saat genting, Tuhan menjaga kita agar selamat dari ancaman bahaya di jalan.   


Tetapi bagi Anda yang kurang meyakini kebenaran doa, tokh tidak sedikit kasus kecelakaan di jalan yang unik-unik. Tabrakan cukup keras dan berbahaya, namun anehnya yang celaka tidak mengalami luka berarti.  Ada juga yang secara akal sehat kecelakaan berlangsung sepele, namun berakhir luka parah. Fakta yang menurut saya merupakan keajaiban alam tersendiri. 
Share:

Definition List

Unordered List

Support