Sejarah orang-orang Madura. Cerita suku Madura. Legenda di Madura. Kebudayaan Madura. Jalan-jalan ke Madura. Raja-raja Madura.

3.08.2015

Kota Pamekasan, Penghasil Sapi Kualitas Unggulan


Sekda Pamekasan, Dr. Alwi. poto | uc.ac



Pulau  Madura banyak menyimpan potensi wirausaha yang bisa dikembangkan sebagai prospek bisnis bagi masyarakat pulau garam. 
         
Hanya saja, di antara sekian potensi yang ada masih banyak yang belum memperoleh sentuhan entrepreneur yang kuat. Di antaranya
, potensi pasar sapi berkualitas nomor satu, yaitu yang berada di Kabupaten Pamekasan. Kota yang dibangun oleh Ronggo Sukawati ini memang dikenal dengan hasil ternak sapinya yang berkualitas unggulan. 

Sapi-sapi yang berasal dari kabupaten yang berdampingan dengan Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Sampang tersebut, memiliki kualitas terbaik sebab system perawatan para peternak yang benar-benar diperhatikan.

Hal ini dikemukakan oleh Sekretaris Daerah Pamekasan Dr. Alwi, S.H., M.Hum. Menurutnya, sapi yang berasal dari Pamekasan menjadi sapi-sapi berkualitas terbaik sebab bibit sapi tersebut juga berasal dari kualitas unggulan

Ia menyebutkan contoh sapi kualitas terbaik tersebut, di antaranya sebagai hasil persilangan sapi Australia (sapi Limousin) dan sapi Madura (sapi Madrasin), berat daging sapi ini mencapainya 800 kg. 

Hal lain yang mendukung kualitas sapi, yaitu dukungan kandungan air mineral di daerah tersebut berkualitas sangat baik dengan kualitas ekspor. Meski sudah dikenal memiliki kualitas sapi nomor satu, hingga saat ini  belum ada investor dan pebisnis yang tertarik untuk mengembangkannya sebagai potensi bisnis yang menjanjikan. 

poto | uc.ac


Alwi menegaskan, pemerintah Kabupaten Pamekasan sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan para investor, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. (tmm/uc.ac.)

Berita Lainnya





Share:

Definition List

Unordered List

Support