Sejarah orang-orang Madura. Cerita suku Madura. Legenda di Madura. Kebudayaan Madura. Jalan-jalan ke Madura. Raja-raja Madura.

3.18.2016

Berubah dengan Peribahasa

Ada Udang di Balik Batu---Artinya, Tidak selamanya apa yang kita lihat itu tepat. Apa yang kita dengar itu benar. Apa yang kita baca itu adalah fakta. Oleh sebab itu telitilah sebelum membeli. Adakalanya kita membenci atau mengagumi sesuatu setengah mati, hanya sebab sekedar melihat. Sekedar mendengar. Atau sekedar bacaan.

Sebagaimana bongkah batu, terkadang apa yang kita lihat hanya rupa dan bentuk batunya. Lantas serta-merta ambil kesimpulan, tetapi enggan menelisik atau melihat apa yang terdapat di balik kokohnya bebatuan. Tetapi memang, seringkali yang namanya batu tetaplah hanyalah sebongkah batu.

Dan tidak apa-apa di baliknya. Namun setidak-tidaknya kita mengetahui, tidak setiap sesuatu selalu tampak sebagaimana aslinya.

Keajaiban sesekali muncul, seringkali ia hanya igauan dan kumpulan angan-angan (2016)

(2)

Tidak Ada Asap, Kalau tidak Ada Api---Artinya, orang cenderung penasaran pada sesuatu yang memiliki efek dramatis dan mematikan semangat, ketimbang tertarik pada munculnya fenomena-fenomena kesederhanaan yang inspiratif. Cenderung susah melupakan yang buruk-buruk, daripada mengingat-ingat yang baik-baik yang membangunkan harapan.

Kebanyakan orang meyakini bahwa tiap perbuatan buruk pasti nanti akan ada karmanya. Namun sangat sedikit yang meyakini bahwa tiap-tiap perbuatan yang baik juga pasti akan ada karmanya. Sebagaimana adanya asap, orang selalu menyangka yang buruk-buruk sebelum benar-benar ia menyaksikan apa yang sebetulnya sedang terjadi, bahwa pastilah ada kobaran api besar di belakangnya yang membakar gedung, rumah atau pasar.

Padahal munculnya asap tidak selalu kobaran apinya itu besar dan asal main bakar tempat, jauh lebih banyak ditimbulkan oleh kobaran yang apinya kecil.

Dan yang terbakar biasanya adalah barang-barang yang senantiasa dicari dan ditunggu-tunggu; orang yang bakar jagung, bakar sate, bakar menyan, hingga bakar obat nyamuk (2016)
Share:

Definition List

Unordered List

Support