Sejarah orang-orang Madura. Cerita suku Madura. Legenda di Madura. Kebudayaan Madura. Jalan-jalan ke Madura. Raja-raja Madura.

12.28.2014

Wow, Batik Madura Tembus Pasar Mancanegara!



Wajar jika batik Madura bisa tembus pasar internasional. Pasalnya, bicara batik, Madura adalah gudangnya. Sebab, bagi orang Madura, batik bukan hanya soal busana. Tetapi juga soal gaya hidup. Berada di mana pun, kaum perempuan Madura tak pernah lepas dari yang namanya batik! 
 
foto: sindonews


Di antara yang berhasil menembus tersebut adalah Uswatun Hasanah. Pengusaha ini kini beromzet ratusan juta perbulan
, sebagaimana dilansir  sindonews

Ia mengusung branding Joko Tole Collection. Menurut Uswatun, ia merintis usaha tersebut sejak tahun 2011. “"Penjualan yang saya lakukan ternyata laris. Lalu, saya merekrut dua perajin menjadi karyawan ditambah dua pekerja lepas. Hingga akhirnya saat ini ada enam perajin tetap dan didukung 22 komunitas perajin lepas," katanya.

Menariknya, usaha batik yang dia bangun tak sekedar soal bisnis, tetapi atas dasar keprihatinan akan nasib pengusaha batik Madura yang semakin sepi order, karena kalah saing dengan batik impor maupun batik lokal daerah lain. Hal ini membuatnya tergerak untuk membantu.

Tak dinyana niatnya itu malah berbuah hasil menakjubkan. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah, hingga mancanegara. Produk Uswatun dan komunitasnya, kini sudah bisa menembus pasar ekspor ke tiga negara di Asia, yaitu Jepang, Malaysia dan China. Sungguh luar biasa!

Tak pakai Modal

Menurut Uswatun, ia mengaku tak pakai modal. Ia hanya memanfaatkan rumah produksi batik tulis berbentuk UKM. “Soalnya, mengurus izin usaha itu rumit. Pokoknya, yang penting ikon Madura jangan berhenti,” tegasnya.

Modal utama yang dipegang Uswatun adalah ilmunya sebagai dosen wirausaha di Universitas Trunojoyo, Bangkalan Madura. Maklum, ia juga seorang dosen. Berbekal itu, kemudian ia menghimpun para pebatik di daerahnya, agar kembali membangun usaha batik.

Ia membangun usahanya dengan dua jenis batik yang dikelola, yakni batik tulis Madura dan batik Gentongan. Alasan memilih dua jenis tersebut,  warna batik Madura biasanya didominasi kesan warna yang ‘berani’, seperti merah, kuning, hijau. Alasannya, merah menggambarkan keberanian masyarakat Madura membela harga diri, sedang warna hijau menjelaskan aspek spiritualitas masyarakatnya.

Sementara warna kuning pertanda kesuburan masyarakatnya yang agraris. Untuk warna biru adalah simbolisasi lautan yang menjadi denyut kehidupan masyarakatnya. "Nah, khususnya di Jepang, mereka butuh nilai sejarah dan filosofis batik yang kami produksi. Inilah yang harus dikembangkan untuk mendorong nilai jual kita," terangnya.
Seperti ditulis Sindo, Keunikan batik Madura adalah proses pembuatannya. Batik Gentongan merupakan salah satu tradisi membatik di Madura yang paling terkenal. Istilah gentongan karena proses pewarnaan yang terlebih dahulu direndam dalam wadah mirip gentong.


Persaingan Ketat

Mengembangan usaha batik yang ia rintis, mula-mula bukan perkara mudah. Dijelaskan Uswatun, persaingannya sangat ketat. Pasalnya, pesaingnya bukan hanya pebisnis lokal, tetapi juga internasional, seperti batik yang berasal dari Tiongkok.

Meskipun demikian, ia tetap bersikukuh dna terus melakukan promosi. Walhasil, prestasi penjualan pun semakin hari semakin bertambah banyak pesanan. Terutama setelah ia menjadi binaan sebagai Wirausaha Binaan Bank Indonesia (WUBI). Produk Jokotole pun semakin dibanjiri pesanan karena BI memberi bantuan dalam promosi.

WUBI Jawa Timur bukan hanya memberinya pelatihan, tetapi juga mengadakan pameran-pameran, baik skala regional maupun nasional. Ia mulai mendapatkan pasar pembeli dari Jepang, Tiongkok, dan Malaysia. Yang sulit adalah pengurusan perizinannya.

“Banyak yang harus saya lalui. Akhirnya saya berinisiatif memakai bendera orang lain untuk ekspor, agar order buyer dari luar bisa terpenuhi. Sementara ini, untuk batik yang dikirim ke luar masih dalam skala kecil, berkisar 60 potong (Jepang), 50 potong (China), dan lebih dari 100 potong (Malaysia)," ujarnya
Share:

Definition List

Unordered List

Support